TUPO Oriflame bikin bangkrut?

Ada salah satu downlineku bilang.. "Mbak, aku enggak TUPO ya. Bangkrut nih beli-beli melulu." 
Dweng...

Sebagai upline yang bijak dan tidak sombong (cuih!), aku dengerin dulu komplainnya. Mbak Che" sebut saja namanya begitu, merasa TUPO itu bikin rugi, buang duit. "Ya aku kan enggak butuh bedak tiap bulan mbak. Masa beli bedak melulu. Beli lipstik lagi. Beli eyeliner. Kalau gini terus ya tekor, dong."

Wokay, sebelum menjawab.. tarik nafas. Dan inilah jawaban apa iya TUPO Oriflame bikin bangkrut?

Apa itu TUPO Oriflame?
Tupo = Tutup Poin. Di bisnisku ini, Oriflame, ada syarat tutup poin minimal 100 BP per bulannya. Setiap produk Oriflame kan ada tuh poin masing-masing. Nah, kalau dirupiahkan, 100 BP itu sekita Rp600-700 ribu lah. Sama tuh buat semua consultant. Dari yang masih baru join, sampai yang bonusnya Rp4 jutaan per bulan. Ya segitu itu, Rp600-700 ribu per bulan. Lebih dari segitu, ya no problem. Malah bisa dapat hadiah produk.

Haruskah TUPO Oriflame?
Nah, harus balik lagi deh ke niatan awal kita.  Dulu daftar Oriflame, niatnya apa? Apakah pengen beli buat kebutuhan sendiri biar dapat diskon (end user), atau mau jualan aja (seller) atau mau bisnis-an kayak aku?

Kalau dulu niatnya emang mau jadi end user ataupun seller, ya enggak harus TUPO. Secukupnya aja. Kalau pas butuh pelempab Oriflame yang lagi diskon, ya beli. Kalau sabun dan shampoo di rumah udah pada abis, ya beli. Kalau kebutuhan toiletris bulanan enggak sampai Rp600 ribuan, ya sudah. Belanja itu saja. Enggak usah berlebihan. Seorang end user enggak harus TUPO. 

Kalau dulu niatnya daftar Oriflame mau coba coba jualan, ya silahkan. Kan dapat untung juga tuh ya. Kalau mau kejar banyak laba, ya jualan dikencengin dong. Kalau lagi sepi, ya order Oriflame secukupnya. Manfaatkan promo, online bazaar ataupun branch action yang biasa diskon besar. Seorang seller enggak harus TUPO.

Tapi nih...
Kalau dulu niat awal daftar Oriflame karena pengen jalanin bisnisnya, pengen dapat jutaan per bulan dari Oriflame, ini sih HARUS TUPO. Pebisnis Oriflame harus TUPO.

Kenapa pebisnis harus TUPO? 
Oriflame kan punya success plan. Punya jenjang level/bonus. Nah, untuk mencapai itu ya berlaku syarat dan ketentuan dong ya. Sama kayak orang kerja, kok. Ada job desc nya, ada tugas kudu ngapain. Kalau kerjakan tugas, ya digaji. Semakin baik, ada bonus. Nah, persis seperti itu lah!

Berhubung Oriflame merupakan perusahaan ritel, ya. Jualan produk, bukan jualan jasa, ya otomatis terjadi perputaran produk dan uang dong. Kita sebagai consultant Oriflame yang berfungsi juga sebagai 'penjual' produk Oriflame bakal dikasi komis kalau menghasilkan penjualan. Makanya, TUPO menjadi salah satu tugas pebisnis Oriflame.

Sebab, di Oriflame, job desc seorang pebisnis itu cuma 4 kok.

TUPO min 100 BP, Rp600-700 ribu per bulan 
Merekrut
Belajar/ Training
Ngajarin dan ngedampingin downline untuk melakukan 1-3 tentu saja sesuai niat si downline ya. Apakah mau jadi enduser, seller atau pebisnis. 

Jadi, TUPO emang udah jadi bagian dari job desc seorang pebisnis Oriflame. Enggak bisa ditawar. Buat pebisnis, TUPO itu ya bermanfaat:
Agar bonus performance discount kita cair. 
Memastikan web replika d'BC Network yang berfungsi sebagai gudang ilmu plus alat promosi tetap aktif. Jadi bisnis kita pun dapat beroperasional lancar. 
Kalau TUPO itu wajar dalam semua MLM, kok ada yang enggak usah TUPO tapi bonus tetep dapet?

Husss... jangan omongin yang lain deh :) 
Gini, kalau pikiran itu ada dalam kepala kita, coba posisikan kita sebagai Oriflame. 

Misalnya nih ya kita jualan sepatu dan baju  via Facebook. Trus, ada tuh yang berminat jadi reseller dengan komisi. Nah, kalau reseller ini enggak bisa menjual produk kita, emangnya kita mau kasi dia bonus? Makan Bonus Buta dong dia... 

Lagian nih ya..
Sistem perhitungan bonus di Oriflame ini adil, loh. 

Misalnya ya.. si A join duluan. Trus dia ajak B dan C ikutan Oriflame sebagai downlinenya. Dalam prosesnya si A males jalanin. Tapi B dan C kerja keras. Si A enggak ngapa-ngapain, bahkan enggak TUPO, masa dia dapat bonus? Enggak dong.. 

Jadi, kalau buat aku pribadi, pesan pentingnya ialah: TUPO itu bagian dari sistem perhitungan bonus yang adil. 

Kalau kita ajarin downline, trus downlinenya aktif, kita dapat bonus juga dong? Kenapa harus TUPO?

Ih... enak aja. Oriflame tuh MLM loh, bukan piramida. Jadi ya enggak bisa bersandar pada downline yang aktif trus kita enak-enakan. Kerjain juga job desc kamu. Ini loh adilnya Oriflame. Kalau ga kerja, ya ga dapet. 

Trus gimana dong biar TUPO enggak bikin aku rugi?

Loh... emang Mbak beli produk Oriflame trus dibuang? Kalau itu ya rugi. Hehehe...
Makanya kalau beli produk Oriflame buat TUPO tuh dipakai Mbak.. atau jualan aja biar sekalian dapat untung. Enggak rugi kan? :p 

Gini deh, aku ajarin cara TUPO 100 BP dengan mudah dan menyenangkan ya. Oke?

Info Lengkap

"Bisnis Rumahan Gaji Kantoran ,, "
I r a P a r a n i t a
Fb Ira Paranita || Twitter @iyrha
Instagram iparanita || BBM 74E0FFF7||
Whatsapp 089651977920
http://www.ira-paranita.blogspot.com

-Semoga Bermanfaat-

Komentar

Postingan Populer