16 Hal yang perlu Anda ketahui dibalik Pocari Sweat
Luar biasa, siapa yang mengira dibalik rasanya yang menyegarkan ,Pocari Sweat juga memberikan banyak hal yang menarik dan yang menjadi bahan pembelajaran dalam hidup kita dibalik sejarah terciptanya Pocari Sweat.Siapa yang mengira bahwa Pocari sweat itu memakan waktu yang lama untuk dibuat,siapa pula yang mengira bahwa pada awalnya Pocari Sweat ditanggapi secara buruk oleh konsumen bahkan oleh direksi perusahaan.Tertarik mendengar ceritanya kan? Berikut 16 hal yang saya rangkum yang harus diketahui menurut saya dibalik sejarah Pocari Sweat :
1. Tahukah anda, Akihiko Otsuka, cucu dari pendiri otsuka group ,saat itu menjabat kepala pabrik Tokushima, bertekad untuk membuat produk baru sukses yang belum pernah ada seperti yang dilakukan ayahnya, siapa sangka produk tersebut adalah Pocari Sweat, dan dibuat setelah dia menjabat sebagai presiden direktur Otsuka Pharmaceutical.Tokoh yang lain yang cukup berperan dalam sejarah Pocari Sweat adalah Rokuro Harima dan Akihisa Takaichi yang akan diceritakan selanjutnya
2. Ide awal Pocari Sweat dimulai dengan ide untuk membuat cairan infus menjadi suatu minuman ringan, ide ini diajukan oleh Rokuro Harima, Penanggung jawab Pengembangan Minuman ,mendapat julukan sebagai ahli rasa di dalam perusahaan.Idenya muncul ketika ia ke meksiko untuk untuk melakukan survey , tetapi saat itu dia terkena diare disana dan dirawat di rumah sakit yang fasilitasnya terbatas, bahkan rumah sakit itu tidak memiliki cairan infus.Hal ini membuat Rokuro berpikir untuk mengembangkan cairan infus menjadi suatu minuman, ditambah lagi dia pernah melihat dokter yang meminum langsung cairan infus setelah melakukan operasi yang memakan waktu lama.
3. Sejak ide awal yang menjadi cikal bakal Pocari Sweat ,diajukan pada tahun 1973 , baru pada tahun 1980 Pocari Sweat resmi di jual ke pasaran ,berarti membutuhkan waktu 7 tahun.Walupun ide ini telah diajukan pada tahun 1973,namun baru pada tahun 1976 ide ini dilaksanakan oleh Akihiko, alasannya pada tahun 1973 waktunya belum tepat
4. Saat tahun 1976 , olahraga jogging sedang tren saat itu , alat jogging juga sangat laris, oleh Akihiko inilah saatnya untuk melaksanakan ide cairan infus,karena orang-orang telah konsen terhadap kesehatan,tetapi oleh Akihiko ide ini dikembangkan menjadi suatu konsep minuman kesehatan.Konsepnya yaitu minuman ini akan menggantikan cairan elektrolit atau keringat yang keluar ketika kita berolahraga dan rasanya harus enak di tenggorokan.
5. Proyek minuman kesehatan ini dijalankan oleh Akihisa Takaichi ,seorang peneliti muda , asuhan dari Rokura ,siapa sangka kegigihannya untuk mencari formula rasa membuat Pocari Sweat tercipta
6. Kesulitan dalam membuat Pocari Sweat yang dihadapi Akihisa adalah masalah bagaimana menemukan rasa seperti yang dikatakan direktur Akihiko yaitu harus enak di tenggorokan tapi komposisinya harus seperti kandungan keringat, pada awalnya rasanya pahit , lalu ditambahkan pemanis alami hingga terlalu manis.Standar yang diberikan oleh Rokuro untuk konsentrasi gulanya adalah dibawah 10%.
7. Tahukah anda, minuman uji coba yang dibuat oleh Akihisa telah lebih dari 1000 jenis ,namun belum juga mendapat rasa yang pas
8. Hal yang menarik,ternyata rasa yang pas untuk Pocari Sweat ditemukan secara tidak sengaja pada bulan Mei 1979 ,setelah minuman uji coba yang dibuat Akihisa dicampur dengan minuman uji coba serbuk instan rasa jeruk yang dibuat karyawan lainnya oleh direktur Akihiko
9. Jeruk mampu untuk menyamarkan rasa pahit dari komposisi minuman yang dibuat Akihisa,namun jenis jeruk yang mana? Hal tersebut tetap menjadi rahasia perusahaan.Inilah juga yang menyebabkan adanya rasa jeruk pada Pocari Sweat
10. Hal yang menarik lagi dalam proses akhir pembuatan Pocari Sweat adalah menentukan kadar gula dalam Pocari Sweat.Akihisa membuat 2 ujicoba dengan kadar gula berbeda, yaitu 6,2% dan 7%, lalu diberikan kepada beberapa peneliti dalam perusahaan termasuk Rokura,si ahli rasa.Hasilnya menarik, para peneliti memilih kadar 7%, tetapi Rokura memilih kadar 6,2%, disinilah keahliannya berbicara sebagai ahli rasa.Untuk membuktikan keputusannya memilih kadar 6,2%, Rokura mengajak beberapa peneliti tersebut untuk naik gunung, dan mencoba kembali 2 jenis minuman ujicoba tersebut, hasilnya mengejutkan, para peneliti lebih memilih minuman berkadar 6,2%.Kadar sebesar ini lebih cocok karena minuman kesehatan lebih tepatmemiliki kadar gula yang tidak terlalu tinggi untuk diminum setelah beraktivitas
11. Tahukah anda, bahwa ketika dalam rapat pertemuan direksi Otsuka Pharmaceutical untuk peluncuran Pocari Sweat, kebanyakan para direktur memberikan tanggapan negatif dan menganggap bahwa Pocari Sweat tidak akan laku di pasaran.Namun direktur utama Akihiko Otsuka dengan keyakinannya yang kuat terhadap Pocari Sweat memutuskan untuk menjual Pocari Sweat
12. Produk ini dinamakanlah Pocari Sweat.Pocari yang memiliki arti atau kesan yang menyegarkan dan Sweat yangmemiliki arti keringat dalam Bahasa Inggris.
13. Pada bulan April 1980 ,penjualan pertama Pocari Sweat mendapat sambutan yang sangat buruk dari para konsumen sebagaimana yang dikhawatirkan oleh para direksi.Direktur utama ,Akihiko ,tetap dengan keyakinannya yang kuat terhadap Pocari Sweat, membuat suatu keputusan mengagetkan yaitu membagikan Pocari Sweat secara gratis dalam jumlah tak terbatas selama tahun tersebut
14. Keunggulan dari Pocari Sweat akan terlihat apabila konsep produk ini telah disosialisasikan dengan baik oleh konsumen.Hal inilah yang diyakini oleh direktur utama ,Akihiko.Staf bagian marketing pun fokus untuk membagikan secara gratis di tempat dan kondisi yang tepat sembari memberikan sosialisasi tentang manfaat Pocari Sweat
15. Tahukah anda, Pocari Sweat yang dibagikan secara gratis saat itu sebanyak lebih dari 30 juta kaleng atau sebesar 400 Miliar
16. Akhirnya , 1 tahun berikutnya , yaitu pada tahun 1981, menjelang musim panas pada tahun itu, kesuksesan datang dan keyakinan serta kerja keras Akihiko Otsuka , Rokuro Harima dan Akihisa Takaichi terbukti,penjualan Pocari Sweat meningkat 3 kali lipat dari tahun sebelumnya yaitu sebesar 2,6 T dibandingkan tahun lalu yang hanya sebesar 800 M.Sampai sekarang pun Pocari Sweat telah menjadi produk yang sangat populer di dunia, termasuk indonesia
Komentar
Posting Komentar